Selasa, 12 Maret 2013

Apa itu FUP ?


Dalam sebuah layanan akses internet yang diselenggarakan oleh banyak penyedia jasa (operator) layanan akses internet, seringkali terdapat istilah FUP. Lantas, apa sih sebenarnya arti dari FUP itu?

FUP atau singkatan dari Fair Usage Policy adalah suatu kebijakan pembatasan kecepatan akses data/internet maksimal dari penggunaan layanan akses internet setelah mencapai jumlah atau volume data tertentu dalam rentang waktu tertentu.

Berikut analogi kasusnya (sekedar contoh perhitungan, tidak mewakili kebijakan sebenarnya dari operator manapun):

 Jadi misalnya, suatu operator layanan akses internet memberikan batasan FUP hingga volume data 1 GB dalam 1 hari, maka ketika Anda yang sedang menikmati kecepatan akses data internet 1 Mbps volume data/internet yang telah diakses (unduh maupun unggah) mencapai 1 GB, kecepatan akses data internet Anda akan otomatis disesuaikan menjadi 384 kbps. Namun demikian, pada hari berikutnya Anda akan dapat menikmati kembali kecepatan 1 Mbps hingga mencapai quota 1 GB, begitu seterusnya.

Adanya kebijakan FUP (Fair Usage Policy) ini dimaksudkan untuk menjaga kesetaraan kualitas layanan akses data bagi semua pengguna layanan internet dari provider tersebut. Sebab setiap pengguna memiliki aktivitas akses data yang berbeda-beda. Ada yang terlalu aktif (untuk download/upload) namun ada juga yang sekedar menggunakannya untuk browsing saja. Karena aktivitas download/upload ini memakan sumber daya yang besar, maka jika tidak dibatasi/diratakan penggunaannya akan dapat merugikan pengguna lainnya dikarenakan kecepatan akses data internet akan lebih besar terserap oleh mereka yang terlalu aktif melakukan aktivitas download/upload.

Seringkali pengguna tidak menyadari akan adanya kebijakan ini. Banyak dari pengguna yang mengeluhkan kenapa tiba-tiba akses internet mereka melambat tanpa sebab? Padahal yang terjadi adalah mereka telah terkena batasan FUP ini. Maka saran saya, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan jasa akses internet dari sebuah operator, pahami betul syarat dan kebijakan yang berlaku dengan teliti.

Demikian penjelasan dari pertanyaan "Apa itu FUP?" secara singkat. Semoga membantu!

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. "Adanya kebijakan FUP (Fair Usage Policy) ini dimaksudkan untuk menjaga kesetaraan kualitas layanan akses data bagi semua pengguna layanan internet dari provider tersebut. Sebab setiap pengguna memiliki aktivitas akses data yang berbeda-beda. Ada yang terlalu aktif (untuk download/upload) namun ada juga yang sekedar menggunakannya untuk browsing saja. Karena aktivitas download/upload ini memakan sumber daya yang besar, maka jika tidak dibatasi/diratakan penggunaannya akan dapat merugikan pengguna lainnya dikarenakan kecepatan akses data internet akan lebih besar terserap oleh mereka yang terlalu aktif melakukan aktivitas download/upload..."


    Kebijakan yang jelas merugikan pelanggan. Saya mengambil contoh Smartfren. Banyaknya produk yang diproduksi oleh smartfren kepada pelanggan tanpa di imbangi Base Transceiver Station (BTS) yang 'kuat', maka terjadi 'rebutan' sinyal yang membuat modem cepat panas dan berkurangnya kekuatan BTS tersebut. Imbasnya, kecepatan akses internetnya pun mengalami kendala (Overload). Di sinilah yang memacu adanya pembatasan kecepatan internet pelanggan dari waktu ke waktu.

    Semakin lama, semakin 'sadis' pengurangan kecepatan akses Internet. Hal ini disebabkan smartfren hanya terfokus di penjualan produk yang tanpa mengimbangi 'kekuatan' BTS yang ada. Akibatnya, tiap waktu semakin diturunkan kecepatan aksesnya dengan berlakunya Fair Usage Policy (FUP). Dalam FUP ini, Smartfren awalnya masih menguntungkan konsumen dengan kecepatan akses :
    Download/Upload (CDMA 2000 1xRTT)>> 153 kbit/s atau 18 kbyte/s.

    Tertanggal 1 Maret 2013, kebijakan pun berubah menjadi batas FUP terbagi 2 tahap :
    1. Kecepatan diturunkan ketika mencapai FUP menjadi 153 Kbit/s.
    2. Jika melewati batas FUP pertama, maka kecepatan diturunkan lagi menjadi :
    Download/Upload >> 64 Kbit/s atau 7.53 Kbyte/s.

    Dengan berlakunya FUP tahap dua tersebut, jelas sangat tindak nyaman dalam perolehan (transfer) data dalam melakukan browsing, apalagi download. Di sinilah peluang terjadinya kuota pada paket Unlimited Smartfren sangatlah besar.

    BalasHapus
  3. nah saya memaklumi adanya FUP ini.. lalu menurut admin sendiri..... kartu vendor apa dunk. yang FUP nya tidak terlalu keterlaluan. (lemotnya).. saya pake sma**fr** stelah FUP 2 menjadi 6-7kbps dan itu sangat lemot. sya pake im* juga terdapat FUP sampai 6kbps (itu juga lemot). lalu vendor apa dunk yang FUP nya gak terlalu lemot... kita pelanggan gak tdk merasa nyaman.....

    BalasHapus