Rabu, 13 Maret 2013

Perubahan aturan FUP Smartfren Unlimited 2013


Pada artikel sebelumnya,  disebutkan bahwa Smartfren yang dulunya benar-benar Unlimited berubah  menjadi Smartfren with FUP ( Free Usage Policy ) harian. Dengan kebijakan perharinya mendapat FUP 250 mb untuk paket unlimited yang harga Rp.49.000, dan 500 mb untuk paket unlimited harga Rp.99.000 .

Dengan aturan tersebut, banyak sekali keluhan dari pelanggan smartfren, terutama yang hobi download. Dapat dilihat  beberapa keluhan mereka yang nangkring di artikel sebelumnya (KLIK INI), baca saja dikotak komentar. Tapi kebalikanny buat orang yang Cuma hobi browsing doang. Mereka cocok memakai FUP harian. Karena 250 mb atau 500 mb /hari itu menurut saya sudah cukup banyak. Tapi tetap aja mengesalkan, karena yang namanya unlimited tentu orang lebih senang memanfaatkan buat download. Kalau buat browsing aja ya mending pakai paket volume base aja, gak usah true unlimited.
Nah sekarang masuk ke intinya. Tadi pagi saya cek komentar di artikel sebelumnya tentang Smartfren Unlimited Kini Pakai FUP.  Ada yang  mengatakan FUP Smartfren Unlimited 2013 sudah berubah. Yang dulunya FUP nya 250 mb / 500 mb per hari, sekarang berubah menjadi :

Paket Unlimited NEO Reguler  yang harga Rp.49.000, mendapat FUP sebesar 2 GB / Bulan.
Paket Unlimited NEO Premium yang harga Rp.99.000, mendapat FUP sebesar  6 GB/Bulan

Berikut screen shot nya dari situs smartfren . ..  . .

 Perubahan aturan FUP Smartfren Unlimited 2013

Mulai tanggal 1 maret 2013, peraturan FUP Smartfren ini mulai berlaku. Jika telah habis kuota perbulannya, maka kecepatan akan diturunkan, dan modem anda pun akan menjadi lelet kembali :D.

Mari kita pakai hitungan Matematika anak SD..misalkan kita pakai paket yang FUP 6 GB / Bulan. Berarti kan sudah jelas 1 bulan hanya diberi bataspemakaian wajar sebanyak 6 gb. Nah mari bandingkan jika masih memakai aturan FUP perhari. Berarti 500 Mb  x   30 hari = 15 GB .  jika ditotalkan, aturan sebelumnya tentu lebih menguntungkan jelas. Selisih 9 GB dengan yang sekarang..

Nah sekarang apakah ini merugikan atau malah menguntungkan Anda????

Itu semua tergantung pada kebutuhan anda masing-masing. Karena tiap orang memiliki kebutuhan dan cara berbeda dalam memilih paket internet smartfren nya.. mungkin sebagian ada yang beruntung dengan aturan yang baru ini, namun buat maniak download merasa amat rugi, karena memang 2 GB atau 6 GB itu amat kurang sih buat para downloader. Contohnya saya, waktu smartfren masih benar-benar TRUE UNLIMITED, saya memakai paket premium yang harga Rp.90.000. nah itu saya bisa puas download lebih dari 10 gb. Namun setelah berlakunya aturan FUP ini, itu semua hanya menjadi kenangan. Semangat buat download pun sudah hilang.

Yaa kita sebagai customers mau tak mau harus menerima. Jika masih ingin pakai smartfren, terima saja Perubahan aturan FUP Smartfren Unlimited 2013 ini. Jika merasa dirugikan, jangan pikir-pikir lagi, langsung saja pindah provider !!!! hehehehe...

Ini mungkin memang strategi bisnis dari perusahaan smartfren sendiri. Awalnya mereka menawarkan sebuah tawaran menggiurkan. Yaitu TRUE UNLIMITED  dengan harga terjangkau. Nah setelah pelanggannya banyak, mulai digunakan FUP perhari dan sekarang perbulan. Jadi harap maklumi saja. Saya awalnya juga emosi tingkat tinggi dengan kebijakan itu. Namun karena sekarang sudah pindah provider memakai GSM, jadi udah biasa aja... :D

Kapan ya internet di Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain kayak Korea, kanada. Bahkan dengan negara tetangga Malaysia pun masih jauh kalah..ckckc...




16 komentar:

  1. Sebenernya penggunaan koneksi internet wireless di indonesia itu salah kaprah. Bayangin pengguna sebanyak indonesia rakyatnya dilayani dengan jaringan wireless . . . Wireless kan harusnya untuk low traffic. Sementara pengguna di indonesia high traffic. Mana cukup infrastrukturnya ?
    Harusnya sih di indonesia pake fixed connection alias kabel atau serat optik. Jadi jangan disamakan dengan korea . Korea penduduk dan wilayahnya ngga se-luas dan se-banyak di indonesia. Sementara kalo kanada, infrastruktur nya lebih canggih dan memadai jadi masuk akal. Lha sementara di indonesia, wong jaringan 3G saja pake diundi gimana mau ngebut kya korea. Tetangga kita malaysia cuma bisa ketawa aja. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya bukan untuk low trafik juga mas, trafik di Indonesia masih sangat terlayani dengan wireless. FO juga sudah digunakan tapi untuk sisi backhaul dan backbone. kecuali Anda pengin Fiber to the home di perumahan2 baru.

      Oke, ditunggu saja era wireless untuk LTE di Indonesia. EVDO pun akhirnya berevolusi ke LTE.

      Hapus
  2. Balasan
    1. bener skarang smartfren sudah tidak bisa TRUE UNLIMITED yang namanya true unlimited bener2 unlimited dong

      Hapus
  3. Benar bang...tadinya 15 giga sekarang cuman 6 giga
    saya sebagai maniak donlot ngrasa rugi bgt
    internet semakin mahal..gimana bangsa kita bisa update informasi kalo gini

    semoga ada perbaikan ke depannya bang

    BalasHapus
  4. ahahaha...
    syukurlah sy sdh dapat koleksi movie banyak dari kang semar
    liat aja gan http://i1277.photobucket.com/albums/y493/pfpriadi/Capture-1_zps50e2995b.jpg
    kayaknya kang semar udah stress dapet custommer kyk kita²... huahahahaha...

    BalasHapus
  5. saya salah satu maniak downloader begitu smartfren merubah TRUE UNLIMITED mnjadi yang skrg neo regular dan neo premium, saya sebagai pengguna smartfren sangat teramat kecewa saya pikir smartfren adalah salah satu modem yang bagus dengan unlimited yang memuaskan, tetapi semenjak perubahan ini saya menjadi kecewa, padahal saya sudah cari seluruh provider dengan baik, tpi cuma smartfren yang bener2 nyaman utk downlod, tp skrg SMARTFREN SUDAH TIDAK Bersahabat hahaha gatau bagaimana kedepannya XD

    BalasHapus
  6. ou ic ic... thx....klo gtu ane pindah aj gan...
    any suggest service provider nya?

    BalasHapus
  7. sokor sokor mampus kalian,
    gmna mau maju klo buat donlot film ama 3.gp
    mending di batasi da papa yg penting koneksi stabil.
    knpa ga pindah ke spidol aja.....

    BalasHapus
  8. yang paling bermasalah yaitu sejak sabtu lalu smartpret gak ada koneksi gan...

    BalasHapus
  9. ya itulah strategi bisnis smartfren, mereka bisa mengolah/otak-atik kata-kata yang bisa membohongi kinsumen....???????

    BalasHapus
  10. dulu pulsa ane prnah kesedot, mau reg. ulang krng bbrapa menit ga' bisa hrus nunggu pas hbis pketnya, keenakan ngenet blabas 30 mnt pulsa habis. stlah konfirmasi ke smartfren ktanya akses intrnt harus dimatikan dulu, dan informsi ke operator kpn wktu hbis paketnya. klau operator lain, waktu mau habis pketnya dikasih tau lewat sms, ini smartpreet gak ngasih info klau paket mau habis. smartpret !!!!!!

    BalasHapus
  11. Kang Rizky, saya pengguna Smartfren. Saya butuh faidah wawasan mengenai Smartfren. Saya sudah baca di situsnya mengenai fitur paket internet prabayarnya. Namun sebagai pengguna saya masih jua bingung.

    Modem saya EC1261-2. Bulan lalu, memang saya telah melampaui FUP entah yang pertama atau yang kedua.

    Kalau memang FUP pertama, harusnya tanggal 11 ini saya memperoleh keperkasaan paket 100 ribu yang biasanya saya nikmati. Biasanya 100 KB/s++ tetapi sampai tanggal 12 ini saya hanya memperoleh 20 KB/s.

    Kalau pun FUP kedua, mestinya kecepatan saya di bawah 20 KB/s dan tanggal 11 ini saya memperoleh kecepatan normal paket 100 ribuan.

    Namun, kenyataan berkata lain. Sampai malam ini kecepatan saya masih 20 KB/s aka kecepatan turunan FUP pertama. Apakah ini pertanda saya untuk selamanya tidak akan mendapat kecepatan perkasa lagi? Oya, saya memang isi paket setiap tanggal 11 setiap bulan. Dan itu selalu paket 100 ribuan. Kebetulan kemarin April sebelum tanggal 30 saya sudah isi paketnya. Saya pikir dengan isi paket, hari itu juga kecepatan saya kembali. Eh, sampai tanggal 12 ini (sudah berapa hari, ya?) masih jua sama kecepatannya.

    Apa yang harus saya lakukan untuk mendapat "keperkasaan" itu lagi? Maaf, saya memang tidak tahu masalah telekomunikasi. Saya percaya kepada akang dan saya menunggu jawaban akang. Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Jadi sekarang unlimited nya ga ada bedanya sama kuota

    BalasHapus
  13. Rugi bgt, baru 7 hari daftar paket NEO REGULER UNLIMITED
    Eh, ternyata sekarang lemooot kayak keong

    BalasHapus
  14. Bener tuh...smarfren bagus'ya hari pertama doang! hari berikut'ya kayak keong..Bener2 kampret!!!

    BalasHapus