Senin, 17 Desember 2012

Anda Pelupa? Atasi dengan Rajin Olahraga

Jakarta, Saking seringnya lupa terkadang membuat Anda capek sendiri mengingat-ingat di mana saja Anda meletakkan barang-barang penting itu. Beruntung sebuah studi baru menemukan bahwa olahraga setiap hari saja sudah bisa membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti meminta 54 orang dewasa (sebagian di antaranya mengalami penurunan daya ingat dan sebagian lainnya tidak) untuk mengamati serangkaian gambar. Setelah itu separuh partisipan diminta menaiki sebuah sepeda stasioner selama 6 menit sedangkan sebagian lainnya tidak.

Satu jam kemudian partisipan diminta memaparkan seberapa banyak gambar yang bisa mereka ingat. "Jelas partisipan yang menaiki sepeda menunjukkan peningkatan daya ingat yang luar biasa," ungkap ketua tim peneliti Sabrina Segal dari Center for the Neurobiology of Learning Memory, UC Irvine, AS.

"Sebelumnya memang ada beberapa studi yang mengaitkan antara olahraga dengan peningkatan performa kognitif. Tapi yang mengejutkan kami dalam studi ini adalah kami melihat adanya efek peningkatan memori yang signifikan, baik pada partisipan yang daya ingatnya bagus maupun tidak," tambahnya.

Lalu apa alasan di balik itu? Ternyata peneliti menemukan bahwa olahraga memicu pelepasan norepinephrine, sebuah senyawa kimia di dalam otak yang memainkan peranan penting dalam pembentukan daya ingat.

Hal ini dipastikan setelah peneliti mengambil sampel air liur partisipan sebanyak tiga kali: di awal studi, setelah partisipan mengamati gambar dan segera setelah melakukan olahraga atau ketika jeda.

"Kadar salivary alpha amylase, sebuah penanda biologis yang menunjukkan aktivitas norepinephrine di dalam otak pun mengalami lonjakan secara signifikan pada partisipan yang menaiki sepeda," kata Segal seperti dilansir menshealth, Selasa (18/12/2012).

0 komentar:

Posting Komentar