Senin, 17 Desember 2012

Antara Crip Walk, Clown Walk, dan Crown Walk





      Tidak asing terdengar kata C-Walk di kuping para hiphopers ketika pada suatu acara ada yang menari diatas lantai dansa dengan menggunakan kredibilitas kedua belah kaki yang digerakan seirama dan sangat cepat. Ketika searching ternyata C-Walk memiliki tiga (3) arti, yaitu Crip Walk, Clown Walk, dan Crown Walk. Tapi sebenarnya, apa itu Crip Walk, Clown Walk, dan Crown Walk ?
Yang pertama berkaitan tentang Crip Walk. Sebenarnya apa itu Crip Walk ?
      C-Walk atau Crip Walk sebenarnya adalah tanda atau ritual ketika seorang Crip ingin menghabisi nyawa atau “menandai” blood yang ingin di habisi. Intinya, di pakai sebagai ritual sebelum menghabisi nyawa seseorang. Bisa juga dilakukan ketika “proses penghabisan” sudah selesai terjadi atau Dancing on the corpse. sebuah sign yang dimiliki oleh Crippler atau anggota Crip, walaupun belum tentu seorang Crip bisa melakukannya.
      Berikutnya, bagaimana dengan Clown Walk dan Crown Walk ?
Clown Walk merupakan adaptasi langsung dari Crip Walk, dimana ditambahkan sedikit gerakan serta mempercepat tempo gerakan kaki. Diberi nama Clown Walk disebabkan untuk “memisahkan” atau sedikit “menjauhi” dari “bayangan” Crip Walk yang sebenarnya. Dengan artian bahwa Clown Walk hanya sekedar tarian yang biasa di pergunakan oleh penari-penari hiphop atau seseorang yang belajar untuk melakukan tarian ini.
      Sedangkan Crown Walk adalah adaptasi dari keduanya, ibaratnya, terjadi “perkawinan” antara Crip Walk dan Clown Walk sehingga menghasilkan Crown Walk. Gerakannya lebih kompleks tetapi tidak sebegitu cepat Clown Walk. Dan lagi-lagi bahwa ini hanya sekedar tarian. :D

0 komentar:

Posting Komentar